Obat Gusi Bengkak

obat gusi bengkak

Benar adanya bahwa gusi bengkak adalah salah satu masalah gangguan mulut yang sangat menyebalkan dan menyakitkan yang sama seperti gigi berlubang. Gusi bengkak sendiri adalah keadaan yang mana terjadinya pembengkakan pada gusi kita. Bahkan ada beberapa kasus unik mengenai gusi bengkak yang menyerang seseorang yang mana memiliki ukuran yang besar hingga menutupi gigi. Bahkan karena besarnya bengkak yang ada pada gusi dapat membuat pipi menjadi menonjol dan membuat seseorang terlihat chubby.

Meski bukan pada bagian gigi yang sakit, tetapi tetap saja ketika kita mengunyah makanan rasanya seperti kita akan terbang ke langit karena sensasi rasa sakit yang teramat luar biasa. Ingin makan tapi rasa ketidaknyamanan pada mulut membuat malas padahal perut lagi lapar, terpaksa kita mengkonsumsi makanan yang lembut seperti bubur atau bahkan menahan rasa lapar. Yang lebih membuat kesal adalah rasa sakit yang selalu berdenyut seperti damage per second sampai pada kepala. Intinya ini sangat menyebalkan dan menyakitkan.

Gusi bengkak sendiri dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, meski Anda tua, muda, pria, wanita, anak-anak dan sebagainya. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab dari gusi bengkak itu sendiri? Simaklah informasinya di bawah ini untuk dijadikan referensi dalam mencegah gusi bengkak.

Penyebab gusi bengkak

1. Plak dan Tartar

Faktor pertama dari penyebab gusi bengkak adalah adanya tartar dan plak pada mulut kita. Plak merupakan jaringan tipis yang menyelimuti gigi kita yang tercipta dari bakteri yang tertimbun. Plak biasanya akan terlihat pada gigi apabila Anda kurang merawat dan menjaga kebersihan mulut. Warna dari plak biasanya berwarna kuning dan sangat susah untuk dihilangkan karena plak sangat melekat erat dengan gigi kita. Plak sendiri dapat menyebabkan gigi kita menjadi berlubang dan dapat juga menyebabkan infeksi pada gusi. Plak yang terlalu lama mengendap pada gigi kita lama-kelamaan juga akan berubah menjadi tartar. Tartar atau dalam bahasa medisnya disebut dental kalkulus biasanya terbentuk di antara celah gusi dan gigi kita yang mana akan sangat sulit di jangkau bagi sikat gigi kita. Anda hanya bisa membersihkan sekaligus menghilangkan plak dan tartar ini dengan bantuan jasa dokter gigi karena sangat sulit untuk di jangkau. Namun, kalau Anda rutin dan rajin membersihkan mulut Anda tidak perlu kok pergi ke dokter gigi, lebih baik mencegah daripada mengobati.

2. Iritasi

Penyebab gusi bengkak yang kedua adalah karena faktor iritasi. Iritasi terjadi karena berbagai macam hal, diantaranya karena reaksi alergi yang terjadi pada obat atau bahan kimia yang masuk ke dalam mulut kita. Iritasi sendiri terjadi juga dapat disebabkan karena pasta gigi, makanan, minuman, bahkan kawat gigi yang Anda pasang untuk merapikan gigi Anda. Iritasi dapat Anda tandai dengan warna kemerahan dan juga pembengkakak pada jaringan gusi Anda. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa gusi mereka sedang mengalami iritasi. Kebanyakan orang akan sadar ketika iritasi pada gusi sudah semakin parah dalam bentuk bengkak.

3. Sisa Makanan

Pembengkakak gusi juga dapat terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang ada pada mulut kita. Sisa-sisa makanan tersebut biasanya berada pada sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Apabila sisa-sisa makanan tersebut tidak segera Anda bersihkan, lambat laun sisa makanan tersebut akan menyebarkan bakteri ke dalam gusi dan menyebabkan iritasi serta pembengkakan pada gusi. Jadi, usahakan selalu membersihkan sela-sela gigi Anda dari sisa-sisa makanan agar terhindar dari masalah gusi bengkak dan sebagainya.

4. Perbaikan Gigi yang Salah

Penyebab ke-4 dari gusi bengkak adalah perawatan gigi yang salah dan ini jarang sekali disadari oleh masyarakat Indonesia. Contoh perawatan yang salah disini adalah mengembalikan gigi yang renggang yang memiliki potensi membiarkan bakteri-bakteri dari sisa makanan terjebang di dalam gusi kita. Pemasangan gigi palsu yang tidak sesuai dengan standar kualitas juga memiliki potensi untuk melukai gusi dan menyebabkan iritasi pada gusi yang berujung pada pembengkakakn.

5. Hormon

Faktor kelima dari penyebab gusi bengkak adalah faktor hormon. Kasus meningkatnya hormon pada seseorang dapat menyebabkan gusi mengalami pembengkakakn yang biasanya terjadi pada ibu hamil dan kasus ini biasanya hanya sementara saja.

6. Pengaruh Obat-obatan

Apabila dari kelima faktor penyebab gusi bengkak tidak pernah terjadi pada Anda, maka Anda wajib juga mencurigai obat-obatan yang Anda konsumsi. Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kontra indikasi yang menyebabkan pembengkakan pada gusi kita. Contoh obat-obatan yang menyebabkan gusi bengkak seperti obat penurun tekanan darah tinggi.

Setelah Anda mengetahui apa saja faktor penyebab gusi bengkak, sekarang kita menuju ke topik utama, yakni mengenai apa saja sih obat gusi bengkak secara alami dan aman untuk di konsumsi semua kalangan? Simak informasinya di bawah ini.

Obat Gusi Bengkak

Gusi bengkak dapat menjadi masalah yang memang tidak menyenangkan, namun Anda tidak perlu lagi khawatir akan hal itu karena BebasJerawat.info akan membagikan solusi mengenai obat gusi bengkak secara alami dan aman.

1. Garam

Informasi pertama mengenai obat gusi bengkak dengan menggunakan garam. Sudah sangat dikenal bahwa garam merupakan bahan alami yang memiliki kemampuan anti bakteri yang tinggi karena kandungan sodium yang dimilikinya. Garam sendiri juga dapat menjadi bahan utama dalam pembuatan beberapa pasta gigi yang sangat dianjurkan oleh dokter gigi. Karena kandungan sodium pada garam sangatlah ampuh dalam membunuh bakteri penyebab utama dari karang dan plak pada gigi kita. Untuk cara pengaplikasiannya cukup mudah, yakni cukup menuang 2 sendok garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Dengan begitu, bau mulut akibat gusi yang teriritasi akan berkurang dan hilang.

2. Lemon

Tidak sedikit orang di belahan dunia ini mengalami masalah mulut yang disebabkan karena pH yang tidak seimbang dalam mulut kita. Kandungan alkali yang ada pada lemon ternyata dapat kita gunakan sebagai alat penyeimbang kadar pH mulut dan pastinya dapat menghilangkan bau mulut juga. Senyawa lain yang ada pada lemon sangat ampuh membantu kita dalam mengobati gusi bengkak karena iritasi. Untuk cara pengaplikasiannya cukup mudah, yakni cukup memeras satu buah lemon dan campur dengan segelas air hangat. Manfaatkan campuran tersebut untuk berkumur sebanyak 3X sehari untuk upaya menghilangkan bakteri dan juga kuman pada mulut agar masalah mulai bau mulut, gusi bengkak, atau bahkan sakit gigi benar-benar menghilang.

3. Jeruk Nipis

Sama seperti lemon, jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang biasanya dipergunakan sebagai bahan komposisi dalam pembuatan pasta gigi karena kemampuannya dalam mengatasi masalah bakteri dalam mulut kita. Apabila Anda rutin berkumur dengan memanfaatkan perasan air 2 buah jeruk nipis ini, Anda akan mendapatkan kesehatan mulut yang terjaga.

4. Daun Jambu Biji

Apabila Anda pernah mengunyah daun jambu biji? Maka saat inilah waktu yang tepat dalam mengobati gusi bengkak Anda dengan memanfaatkan daun jambu biji ini. Memang benar bahwa rasa yang dimiliki dari daun jambu biji akan sedikit sepat dan kesat. Namun, kandungan yang dimiliki oleh daun jambu biji sangatlah berguna karena anti bakteri, anti inflamasi atau anti peradangan, dan juga adanya senyawa analgesik yang sangat kuat dari daun jambu biji. Daun jambu biji sendiri sudah sangat terbukti dan ini sudah dikenal sejak lama dalam mengempeskan pembengkakan pada gusi kita. Cara pengaplikasiannya mudah kok, cukup dengan mengunyah daun jambu biji yang segar atau bisa juga Anda merebus daun jambu biji beberapa helai daun dan gunakan untuk berkumur.

5. Bawang Merah

Bawang merah merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antiseptik yang sangat efektif dalam membunuh kuman. Tidak hanya berguna sebagai penyedap masakan saja lho ternyata. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yakni dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dan campurkan satu sendok teh garam lalu tempelkan pada gusi ataupun gigi Anda yang bengkak atau sakit.

6. Belimbing Wuluh

Mungkin diantara Anda sudah pasti sangat mengenal jenis buah yang memiliki rasa asam yang luar biasa satu ini bukan? Ternyata oh ternyata, rasa asam yang dimiliki belimbing wuluh menjadi nilai positif dan efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut kita. Anda hanya perlu menumbuk dua buah belimbing wulu. Tetapi, sebelum itu pilihlah belimbing wulu yang masih setengah mata karena rasa asamnya masih sangat pekat dan dapat memberikan efek yang sangat kuat. Setelah itu oleskan tumbukan belimbing wuluh tersebut pada gusi yang bengkak.

7. Bawang Putih

Bawang putih sama seperti bawang merah, sama-sama memiliki antiseptik alami yang sangat kuat dan efektif dalam membunuh bakteri dan kuman. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yakni dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dan satu sendok teh garam lalu tempelkan pada gusi yang bengkak atau sakit.

8. Air Kelapa

Air kelapa juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat gusi bengkak karena kandungan antisepktik alaminya. Cara menggunakannya juga cukup mudah dan cepat, yakni dengan menggunakan air kelapa alami tersebut sebagai obat kumur ketika Anda sudah menyikat gigi.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.