Obat Kista

Cara mengobati kista secara alami dari BebasJerawat.info

kalau kita berbicara mengenai pengobatan kista, sudah pasti di benak kita hanya terpikir mengenai operasi. Padahal, kita juga dapat menggunakan obat kista secara herbal sebagai langkah awal dalam mengobati kista ovarium. Meski tingkat keefektifitasannya masih dipertanyakan, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba, selagi metode pengobatan secara alami tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh kita.

Sebelum kita melakukan yang namanya pengobatan, sudah pasti kita akan melakukan yang namanya pemeriksaan ataupun penyakit yang kita derita harus sudah diketahui. Bahkan tidak hanya penyakitnya saja, melainkan juga tingkat keparahan dari penyakit tersebut (ringan atau berat penyakitnya), jenis penyakit, dan kondisi fisik secara umumnya. Apabila dari hasil pemeriksaan mengenai kondisi kista sudah tergolong parah atau ganas, maka sebaiknya untuk mengikuti saran dari dokter. Pengobatan alami atau herbal yang ada disini hanya bersifat melengkapi, referensi, dan dapat diterapkan apabila dokter sudah memberikan izin atau menyetujuinya.

Berbeda cerita apabila kista yang kamu alami tergolong ringan, ukuran kecil, dan termasuk kista yang tidak ganas, maka obat kista secara herbal di bawah ini dapat kamu gunakan. Pengobatan ini meringankan berbagai macam gejala atau keluhan yang dialami akibat kista.

Ada beberapa kasus mengenai kista ovarium yang dapat menyebabkan berbagai macam bentuk keluhan, meski sebagian lainnya tidak merasakan adanya gejala ataupun gangguan tersebut sehingga mereka tidak mengetahui apakah mereka sedang menderita kista atau tidak dalam tubuhnya.

Adapun gejala kista ovarium di bawah ini:

  • Perut bengkak.
  • Sakit perut khususnya pada bagian bawah.
  • Haid yang tidak teratur.
  • Nyeri pada pinggul sebelum atau selama masa menstruasi.
  • Sakit ketika berhubungan intim.
  • Nyeri pada bagian punggung bawah ataupun paha.
  • Tekanan pada rektum atau kandung kemih.
  • Mual-mual.
  • Muntah.
  • Ada beberapa jenis kista ovarium yang dapat menyebabkan infertilitas.

Obat Kista Secara Alami dan Aman

Pada kebanyakan kasus yang terjadi, penyakit kista dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Akan tetapi, kalau penyakit tersebut dapat memberikan rasa tidak nyaman bagi kamu, maka kamu dapat menggunakan obat kista alami ini untuk meredakan gejala sekaligus mengecilkan ukuran kista yang ada pada tubuhmu.

1. Kompres panas

Perlu kamu tahu bahwa suhu panas sangatlah efektif dalam meredakan rasa nyeri ataupun kram pada perut akibat kista ovarium. Kamu hanya perlu mengompres bagian tubuh yang sakit selama kurang lebih 15 menit hingga nyeri yang ada benar-benar mereda.

2. Minyak kastor (minyak jarak)

Minyak jarak dapat membantu membersihkan tubuh dari racun ataupun jaringan yang berlebih. Tidak hanya itu, minyak ini juga dapat membantu merangsang limfatik dan juga sistem sirkulasi yang mana dapat memperkecil ukuran kista.

Obat kista dengan menggunakan minyak jarak:

  1. Lipatlah kain flanel besar menjadi 2 atau 3 lapis. Pastikan juga bahka kain cukup lebar untuk menutupi seluruh bagian perut kamu.
  2. Bahasi kain tersebut dengan 2 sendok minyak kastor.
  3. Berbaringlah di atas handuk lalu letakkan kain tersebut di atas perut kamu.
  4. Lapisi juga kain flanel tersebut dengan handuk.
  5. Lalu letakkan juga botol atau kompres air panas di atas handuk, dan selimuti tubuh kamu.
  6. Bertahanlah dengan kondisi tersebut selama minimal 30 menit. Ulangi hingga 3X dalam seminggu selama 3 bulan.

Catatan: metode ini tidap boleh dilakukan ketika selama masa haid atau pasca ovulasi (bila kamu sedang berusaha hamil).

3. Berendam dengan air garam epsom

Garam epsom merupakan garam yang dapat meredakan sakit dan juga gejala lain akibat penyakit kista. Alasan utamanya, karena garam tersebut megnandung magnesium sulfat yang mampu merileksasikan otot tubuh.

Kamu hanya perlu menuang 1 cangkir garam epsom ke dalam bak yang berisi air hangat. Tambahkan juga dengan 5-10 tetes minyak esensial (seperti minyak mawar, lavender, atau jasmine). Aduklah air tersebut hingga merata dan rendamlah tubuh kamu di dalamnya selama 20-30 menit dan lakukan metode ini setiap hari.

4. Cuka apel

Obat kista yang ke-4 secara alami adalah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel dapat membantu kita mengecilkan sekaligus melenyapakan kista ovarium, hal ini karena adanya kandungan potasium. Cara menggunakan obat kista yang satu ini sangatlah mudah gak perlu pakek pusing kok. Cukup dengan menuang 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat, tambahkan juga 1 sendok blackstrap molasses (kamu bisa beli online), lalu minumlah 1-2 gelas setiap harinya ya. Lakukanlah metode pengobatan ini hingga kista dalam tubuhmu menghilang. Selain itu dapat mengurangi volume darah haid, ternyata resep pengobatan ini sangatlah efektif untuk mengatasi gejala haid seperti bengkak ataupun kram.

5. Akar bit

Kandungan komponen betasianin yang ada pada akar bit dapat mendongkrak kemampuan organ hati untuk mengeluarkan racun dari tubuh kita. Tidak hanya itu, sifat alkali pada akar bit dapat menyeimbangkan tingkat keasaman dalam tubuh kita.

Cara menggunakan obat kista yang satu ini sangatlah mudah, yakni dengan mencampurkan 1/2 cangkir jus akar bit segar dengan 1 sendok gel lidah buaya dan 1 sendok blackstrap molasses. Minumlah larutan tersebut setiap hari 1X sebelum sarapan, lakukan metode ini hingga kista kamu menghilang.

6. Jus jahe

Jahe adalah bahan alami yang memiliki sifat anti radang yang sangat kuat yang mana dapat membantu kamu meredakan radang dan juga nyeri. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan suhu tubuh kamu yang mana dapat melancarkan haid.

Untuk dapat menggunakan metode ini, kamu hanya perlu mencampurkan 2 buah jahe yang berukuran 2,5 cm), 2 batang seledri, setengah gelas jus apel, dan 3/4 nanas dalam blender. Setelah itu haluskan seluruh bahan tersebut untuk kamu minum sekali sehari. Untuk alternatif yang mudah dan gak bikin kamu ribet adalah dengan minum teh jahe 2 sampai 3 gelas setiap harinya.

7. Biji rami

Biji rami memang sedikit terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia, namun khasiatnya dapat membuat kamu tertarik untuk menggunakannya. Salah satu manfaatkanya adalah dapat menurunkan risiko kista dan menghilangkan kista dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan estrogen dan juga progesteron dalam tubuh kita dapat diseimbangkan melalui biji rami. Selain dapat menurunkan risiko penyakit kista, ternyata biji rami juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan biji rami ke dalam air hangat. Minumlah ramuan tersebut setiap hari ketika perut kosong hingga tubuh kamu membaik. Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengkonsumsi biji rami yang sudah dicampur dengan menu makan harian kamu.

8. Almond

Kacang yang penuh dengan kandungan magnesium ini dapat membantu kamu mengurangi kram karena penyakit kista ovarium. Kamu hanya perlu menggunakan kancang almond sebagai cemilan atau bisa juga memijatkan minyak almond ke perut kamu.

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mencampur beberapa tetes minyak esensial jasmine ke dalam 1 sendok makan minyak almond, lalu oleskan ke perut kamu sambil melakukan pemijatan secara lembut. Alternatif lainnya adalah dengan menambahkan 1 sendok teh minyak almond ke dalam segelas susu, minumlah ramuan ini setiap hari hingga penyakit kista yang kamu alami menghilang.

9. Air putih

Ketika kamu menderita penyakit kista ovarium, sangat penting sekali bagi kamu untuk meningkatkan asupan air putih. kamu juga dapat menambahkan perasan lemon sebelum mengkonsumsinya. Biarkan air membersihkan racun dari dalam tubuh kamu.

Selain meminum air putih, minuman sehat lain yang dapat menjadi obat kista adalah air kelapa dan jus sayuran hijau. Karena kondisi penyakit kista yang kamu alami, hindarilah mengkonsumsi kopi, soda, ataupun minuman beralkohol.

Peringatan Keras!

Andaikan gejala kista ovarium semakin menjadi atau semakin parah dengan kamu merasakan sakit pada pinggul, demam, sakit kepala, nafas menjadi lebih cepat, ataupun nyeri vagina yang disertai adanya pendarahan, maka dengan segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Gejala tersebut adalah gejala ketika kista pecah atau ovarium terpelintir. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.