Obat Sakit Gigi

Obat sakit gigi

Tidak akan pernah ada yang merasa senang ketika seseorang mengalami masalah sakit gigi. Kondisi dimana ini berlangsung dengan gejala nyeri yang begitu hebat serta adanya denyutan tanpa henti dan rasa ngilu yang begitu mengganggu. Apabila sakit gigi yang dialami sangat parah, nyeri akan dapat berlangsung hingga sepanjang hari tanpa henti. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai sakit gigi yang Anda alami karena Anda dapat memanfaatkan obat sakit gigi alami untuk mengatasi kondisi tersebut.

Bagi para penderita sakit gigi pasti mengetahui bahwa semakin lama sakit pada gigi, nyeri pada gigi akan semakin terasa berat dan terkadang rasa sakit yang berlebih yang diderita sang penderita sakit gigi dapat membuat dirinya enggan untuk melakukan aktivitas apapun. Terkadang, nyeri dapat juga disertai dengan gejala lain seperti demam. Siapapun yang mengalami gejala diatas ini sudah pasti ingin cepat-cepat mengobatinya kan?

Oleh sebab itu, sebelum sakit gigi ini semakin parah, cobalah untuk menyimak informasi penting dan sangat membantu ini ketika Anda mengalami sakit gigi. Karena beberapa jenis tanaman yang berkhasiat ini dapat menjadi obat sakit gigi yang sangat ampuh dalam meredakan rasa sakit yang berlebih pada gigi kita, berikut obat sakit gigi alami yang wajib Anda gunakan:

Obat Sakit Gigi Alami

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi alami. Kandungan senyawa yang terdapat dari bawang putih dapat membantu Anda membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus meredakan ngilu dan nyeri yang melanda Anda.

Untuk dapat memanfaatkan bawang putih sebagai obat sakit gigi, pertama-tama haluskan terlebih dahulu bawang putih dan jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam hingga membentuk pasta. Setelah itu tempelkan pasta bawang putih tersebut pada bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bantuan bola kapas agar terhindar dari kuman dan bakteri pada tangan.

Baca juga: cara memutihkan gigi & cara meluruskan rambut

2. Cengkeh

Cengkeh merupakan bahan alami kedua yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi selanjutnya karena cengkeh mengandung senyawa eugenol yang berguna sebagai zat pengurang nyeri alami. Minyak cengkeh sendiri banyak dipergunakan sebagai obat sakit gigi karena dapat mengurangi peradangan pada gusi serta menghilangkan rasa sakit yang muncul.

Cara pengaplikasian cengkeh sebagai obat sakit gigi cukup mudah yakni dengan mengoleskan minyak cengkeh pada area gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapa. Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes minyak cengkeh yang dicampur dengan segelas air dan digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bakteri pada gigi.

3. Daun jambu biji

Cara ketiga dalam mengobati sakit gigi secara alami yakni dengan menggunakan manfaat daun jambu biji yang dikenal memiliki khasiat antiradang yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan mulut. Sebagai obat sakit gigi alami dan tradisional, cara pengaplikasiannya cukup mudah yakni dengan mengunyah daun jambu biji segar atau bisa juga dengan mendidihkan daun jambu biji kedalam rebusan air panas dan menggunakan rebusan tersebut sebagai obat kumur (wajib menunggu dingin karena bahaya lho kalau airnya masih panas dibuat berkumur :D).

Baca juga: cara memutihkan wajah & ciri ciri hamil

4. Larutan air garam

Berkumur dengan menggunakan larutan air garam merupakan cara alami yang sudah lama dikenal dan sudah lama diterapkan. Cara ini merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi alami yang sangat efektif dalam meredakan rasa nyeri pada gigi.

Larutan air garam sendiri memiliki kandungan antibakteri. Tidak hanya itu saja, larutan garam tersebut juga dapat membantu menyingkirkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi berlubang Anda. Larutan air garam juga dapat mengurangi kondisi peradangan sekaligus luka pada area dalam mulut kita.

Cara membuat larutan air garam sangatlah mudah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu segelas air hangat dan setelah itu tambahkan setengah sendok teh bubuk garam kedalam air tersebut dan aduk hingga garam larut dalam air hangat tersebut, setelah itu kumur secara perlahan. Sangat wajib diingat jangan pernah menelan larutan air garam yang kamu gunakan untuk berkumur.

5. Kunyit

Tidak hanya dapat menghilangkan jerawat saja, ternyata kunyit dapat dimanfaatkan sebagai obat pereda rasa sakit pada gigi. Kunyit sendiri merupakan bahan alami yang mengandung senyawa curcumin yang mempunyai banyak manfaat seperti antioksidan, antiradang serta antibakteri.

Anda dapat memanfaatkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan dicampur dengan sedikit air. Setelah itu gosok dan bersihkan gigi Anda. Kemudian oleskan pasta bubuk kunyit tersebut pada gigi Anda yang sakit, biarkan selama 15-20 menit setelah itu kumur dengan air hangat.

Anda juga dapat menggunakan cara lain seperti mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan satu sendok teh garam kedalam 1 gelas air hangat. Gunakanlah campuran tersebut sebagai obat kumur. Anda dapat melakukan proses kumur ini sebanyak 2X dalam sehari yakni dipagi dan dimalam hari.

6. Daun mint

Tanaman herbal selanjutnya yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi adalah daun mint. Daun mint atau yang bisa disebut juga sebagai Mentha piperita mengandung berbagai macam senyawa baik yang berguna untuk mengurangi rasa sakit pada gigi serta mengurangi peradangan.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengoleskan bola kapas yang telah direndam dari ekstrak daun mint ke bagian gusi atau gigi yang berlubang yang terasa sakit. Ada cara lain yang bisa Anda gunakan, yakni dengan membuat teh daun mint dan bisa juga dijadikan sebagai obat kumur.

Baca juga: cara menghilangkan komedo & cara mengecilkan paha

7. Lidah buaya

Selain mengandung sejuta manfaat untuk kecantikan kulit, gel lidah buaya ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami obat sakit gigi. Cobalah ambil beberapa gel lidah buaya dan tempelkan pada bagian gigi yang berlubang atau gusi yang terasa sakit dan berdenyut dengan memanfaatkan bola kapas.

Anda juga dapat menempelkan gel lidah buaya pada area gusi yang sakit akibat tumbuhnya gigi geraham bungsu (gigi susu). Sebuah studi juga menyatakan bahwa efek antibakteri yang terdapat pada gel lidah buaya dapat membunuh kumam penyebab kerusakan gigi kita.

8. Daun timi

Tidak hanya daun jambu saja yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang berguna mengobati sakit gigi. Ternyata daun timi juga memiliki kandungan tersebut dan berguna untuk meredakan sakit gigi kita. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengoleskan beberapa tetes minyak daun timi dengan menggunakan bola kapas dan tempelkan pada gigi berlubang atau gusi yang berdenyut.

Alternatif lainnya dapat dengan menambahkan beberapa tetes minyak daun timi ini kedalam segelas air, setelah itu Anda dapat menggunakan larutan tersebut sebagai obat kumur guna meredakan rasa sakit gigi yang Anda derita.

Baca juga: cara menghilangkan bau mulut & cara menghilangkan flek hitam

9. Daun seribu

Tanaman lain yang dapat Anda gunakan sebagai obat sakit gigi alami selanjutnya adalah daun seribu atau bisa disebut dengan nama latinnya Achillea millefolium. Kandungan asam salisilat yang terdapat pada tanaman daun seribu berguna membantu meredakan peradangan pada area mulut kita.

Anda juga dapat memanfaatkan minyak tanaman daun seribu untuk ditempelkan serta digosokkan pada bagian gigi atau gusi yang sakit. Tidak hanya itu saja, akar daun seribu juga dapat dikunyah serta dimanfaatkan sebagai bahan alami pengurang rasa sakit pada gigi. Tetapi, sebelum Anda mengunyah akar daun seribu sangat dianjurkan untuk mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih untuk Anda kunyah.

Demikianlah informasi mengenai obat sakit gigi alami yang dapat Anda gunakan dirumah. Setelah sakit gigi Anda mereda atau hilang, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut Anda dengan baik. Apabila rasa nyeri pada gigi atau bahkan muncul gejala tambahan seperti demam dan keluarnya nanah pada gusi, sangat disarankan oleh BebasJerawat.info untuk Anda segera menemui dokter gigi. Dapatkan penangan cepat dan tepat dari ahlinya. Biasanya, setelah Anda diperiksa oleh dokter gigi, Anda akan diberi obat antinyeri seperti asam mefenamat, ibuprofen, dan paracetamol.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.