Obat Sakit Kepala

Obat sakit kepala secara alami dari BebasJerawat.infoKebanyakan orang yang ketika mengalami sakit kepala pasti ingin dengan cepat mengobatinya, yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan meminum obat sakit kepala yang memang mudah untuk kita dapatkan di toko obat ataupun apotek. Ditambah lagi dengan banyaknya iklan yang bertebaran mengenai obat sakit kepala ini, sehingga hampir semua kalangan masyarakat sangat familiar dengan berbagai macam bentuk obat sakit kepala.

Namun, apakah sudah tepat mengkonsumsi obat sakit kepala yang kamu pilih? Lantas bagaimana reaksinya, sembuhkah? Atau malah sakit kepala yang kamu alami tidak kunjung sembuh? Atau bahkan lebih buruknya lagi malah sering kambuh? Nah, disini BebasJerawat ingin berbagi informasi mengenai obat sakit kepala secara alami yang mana dapat menjadi solusi alternatif yang baik bagi untuk kamu gunakan.

Baca juga: obat batuk alami

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami

Tidak perlu tergesa-gesa dalam menghilangkan sakit kepala menggunakan obat-obatan. Ada cara menghilangkan sakit kepala secara alami, tradisional, dan tanpa bahan kimia. Kelebihan lain dari obat sakit kepala secara alami ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Simak informasi lengkapanya di bawah ini ya.

1. Perbanyak konsumsi air mineral

Terkadang sakit kepala menjadi salah satu indikasi atau peringatan untuk tubuh bahwa aliran darah dan juga oksigen yang menuju ke otak mengalami sedikit gangguan sehingga otak kekurangan darah dan juga oksigen. Oleh sebab itulah kamu mengalami sakit kepala. Cara menghilangkan sakit kepala yang perlu Anda lakukan yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air mineral agar kamu tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan sehingga kamu tidak akan mengalami sakit kepala. Obat sakit kepala yang pertama ini memang sangat mudah, murah dan pastinya menyehatkan tubuh.

2. Menggunakan es batu

Es batu adalah cara kedua sebagai obat sakit kepala secara alami yang dapat kamu gunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala sebelah yang sangat efektif. Sensasi dingin yang diberikan es batu dapat membuat otot menjadi lebih rileks sehingga sakit kepala secara perlahan akan hilang dengan sendirinya. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengang membungkus es batu tersebut dengan kain atau handuk bersih lalu di usap-usapkan pada bagian kepala kamu yang memang terasa pusing. Selain itu, es batu juga dapat membantu kamu yang ingin menghilangkan sakit kepala bagian belakang.

3. Konsumsi kentang

Kentang adalah hasil alam yang memiliki sumber kalium yang sangat penting bagi tubuh kita. Sakit kepala juga dapat terjadi karena tubuh kita mengalami kekurangan kalium. Agar sakit kepala yang kamu alami cepat hilang, konsumsilah kentang rebus. Cukup dengan kentang rebus saja dan bukan jenis olahan kentang lainnya ya.

4. Mengkonsumsi buah pisang

Pisang memiliki kandungan senyawa potasium dan juga magnesium yang sangat tinggi. Hal itulah yang membuat buah pisang mampu menghilangkan sakit kepala yang berkepanjangan. Memanfaatkan pisang sebagai obat sakit kepala secara alami cukuplah mudah dan pastinya menyenangkan karena hanya perlu mengkonsumsi buah pisang minimal 3 buah setiap harinya secara rutin.

5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Pusing atau sakit kepala dapat ditimbulkan akibat kamu telat makan atau karena maag. Sakit kepala yang disebabkan karena sakit maag sudah pasti berbeda dengan jenis sakit kepala lainnya. Salah penanganan dalam mengkonsumsi obat dapat membuat sakit maag kamu semakin parah dan bukannya yang didapat sembuh dari sakit kepala malah maag yang semakin parah. Cara menghilangkan sakit kepala yang disebabkan penyakit maag yang tepat adalah dengan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung mint. Kamu dapat mengkonsumsi makanan seperti permen mint, teh mint ataupun lainnya yang penting mengandung mint ya.

6. Minum kopi namun dalam jumlah tidak berlebih

Mungkin akan terdengar sangat aneh di pikiran kita karena cara menghilangkan sakit kepala dengan minum kopi. Hal ini memang akan sedikit mengalami kontradiksi, yang mana seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan minum kopi memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Kafein yang ada pada kopi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung sehingga jantung akan sering mengalami rasa yang berdebar-debar. Selain itu, efek samping kopi juga mampu membuat sakit kepala terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah kita.

Tetapi di sisi lain, kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menenangkan sistem saraf yang tegang karena sakit kepala yang kita alami. Oleh sebab itulah, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang sedikit seperti meminum 1 gelas kopi guna menenangkan saraf kamu. Tentu saja bagi kamu yang sudah kecanduan dengan kopi, akan sangat bagus dan baik bila asupan jumlah konsumsi minuman kopi dikurangin.

7. Minyak kayu putih

Wangi yang dihasilkan dari minyak kayu putih dapat menjadi obat sakit kepala alami yang mana dapat membuat sel saraf kita yang tegang menjadi rileks dan ini juga mampu menenangkan pikiran kamu. Kayu putih sendiri adalah tanaman herbal yang kaya akan kandungan aldehid valerat, sineol, terpineol, dan juga butirat yang mana dapat dipergunakan sebagai obat sakit kepala sebelah.

8. Menghirup lilin atau minyak arometarapi

Cara selanjutnya untuk obat sakit kepala secara alami adalah dengan membuat rileks saraf tubuh yang tegang terutama pada bagian kepala dengan cara menghirup minyak atau lilin arometarapi. Selain menghilangkan sakit kepala, ternyata aromaterapi yang dimunculkan dari minyak dan lilin tersebut dapat membuat pikiran penghirupnya menjadi rileks dan tenang.

9. Menghirup uang air hangat yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih

Obat sakit kepala dengan cara menghirup uang air hangat yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih ternyata terbukti ampuh. Uap yang dihasilkan dari air hangat dapat membantu menenangkan pikiran kamu sehingga sakit kepala sedikit demi sedikit akan mereda. Sedangkan aroma dari minyak kayu putih membantu menenangkan sel saraf yang tegang. Lantas cara memanfaatkannya bagaimana? Caranya cukup mudah kok, dengan cara meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hirup sedalam mungkin uap yang dikeluarkan oleh air hangat tersebut.

Bagaimana? Mudah bukan cara menghilangkan sakit kepala dengan obat sakit kepala alami. Segera coba di rumah kamu apabila kamu mengalami masalah sakit kepala dengan 9 cara yang sudah BebasJerawat.info bagikan. Oh iya, jangan lupa untuk kamu share artikel ini ke teman-teman kamu ya.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.