Obat Sariawan Alami

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sariawan adalah penyakit yang menjengkelkan. Tak heran apabila banyak orang telah siap sedia dengan berbagai macam bentuk obat sariawan pada kota obat demi menghalau penyakit ini menjadi lebih parah.

Sariawan sendiri dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, gusi, lidah, hingga langit-langit dalam rongga mulut. Meski tidak tergolong dalam penyakit yang berbahaya, tetapi rasa perih dan tidak nyaman akibat sariawan dapat mengganggu setiap aktivitas harian kita sehingga sangat penting untuk mengetahui mengenai cara mengobati sariawan dengan cepat dan juga tepat.

Penyakit yang satu ini timbul karena kita kekurangan vitamin C, kekurangan vitamin inilah yang mengakibatkan jaringan dalam rongga mulut serta jaringan penghubung antara gigi dan gusi mudah sekali robek yang mana pada akhirnya menyebabkan penyakit sariawan. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat kita tangani dengan menambahkan konsumsi sayur dan buah secara rutin.

Penyakit sariawan sendiri pada umumnya ditandai dengan adanya rasa nyeri seperti terbakar dan terkadang menyebabkan sang penderita sulit sekali untuk menelan makanan, dan bila sudah menjadi parah dapat menyebabkan penderita demam. Gangguan sariawan sendiri dapat menyerang siapa saja tanpa batasan usia, jenis kelamin, dan faktor lainnya. Bahkan termasuk bayi yang masih berusia 6-24 bulan dan metode atau cara mengobati sariawan pada anak bayi itu berbeda dengan orang dewasa.

Sudah banyak sekali penelitian yang menandakan bahwa faktor psikologis (seperti stres dan emosi) juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit sariawan. Kondisi lain yang dapat menjadi pemicu dari sariawan adalah kurangnya vitamin B dalam tubuh, zat besi, luka akibat tergigit pada bibir dan lidah karena susunan gigi yang tidak rapi.

Daftar Obat Sariawan Alami yang Ampuh

Selain itu, sariawan sendiri juga dapat muncul karena menyikat gigi yang terlalu keras, bulu sikat gigi yang sudah mengembang, alergi pada suatu makanan (seperti nanas atau cabai), gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah masa menstruasi), turunnya daya tahan tubuh, dan adanya infeksi dari mikroorganisme.

Bagaimana kalau kita langsung mendalami mengenai obat sariawan alami yang dapat Anda gunakan, berikut ini obatnya:

1. Larutan garam sebagai Obat Sariawan Alami

Cara yang paling mudah dan sering digunakan oleh orang-orang untuk meredakan nyeri sariawan adalah dengan memanfaatkan larutan air garam. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan menggunakan air hangat sekitar 100 cc yang kemudian ditambahkan dengan satu sendok garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan larutan air garam tersebut. Kandungan garam mampu mengikat luka. Cara ini juga dapat Anda gunakan sebagai obat sariawan di lidah.

2. Bubuk kopi

Cara mengobati sariawan dengan memanfaatkan bubuk kopi juga tergolong lumrah dilakukan. Cara mengobati sariawan dengan bubuk kopi juga tergolong mudah, yakni dengan membubuhkan bubuk kopi tersebut diatas luka, lalu biarkan selama beberapa saat yang kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga: obat kista ovarium

3. Madu

Tidak dipungkiri bahwa manfaat madu sangatlah banyak, bahkan madu juga dapat kita gunakan sebagai obat sariawan alami. Cara penggunaan madu sebagai obat cukup mudah yakni tinggal mengoleskan madu pada luka di mulut, dan ulangi hingga 3 kali sehari. Catatan, madu yang kita gunakan itu madu murni bukan madu “kaleng-kaleng” ya.

4. Baking soda

Bubuk yang kerap dipergunakan oleh emak-emak untuk mengembangkan kue ini ternyata memiliki begitu banyak sekali manfaat yang luar biasa, contohnya sebagai obat sariawan. Cara menggunakannya juga mudah, yakni dengan melarutkan baking soda dengan air hangat sehingga membentuk sebuah pasta. Setelah itu oleskan pasta baking soda tersebut pada luka sariawan Anda. Bisa juga melarutkan baking soda sebagai obat kumur.

5. Bawang dan pepaya

Ada beberapa orang tua yang sering menyarankan kita untuk menggunakan irisan bawang dan pepaya sebagai obat sariawan. Caranya dengan memotong tipis bawang merah lalu tempelkan pada luka. Begitu juga dengan buah pepaya. Diamkan beberapa saat pada luka, lalu kumur mulut dengan air hangat. Lakukan metode perawatan alami ini 3-5 kali dalam sehari.

6. Daun sirih

Obat sariawan alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Kunyahlah 1 hingga 2 lembar daun sirih. Sebelum Anda mengunyah daun sirih tersebut, jangan lupa untuk mencuci bersih ya. Arahkan daun sirih ke bagian luka, setelah itu kumurlah dengan air hangat. Lakukan metode ini 2-3 kali dalam sehari.

7. Temu kunci

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya memiliki aroma wangi yang nikmat, ternyata juga dapat membantu kita dalam menangani penyakit sariawan. Cara pengaplikasiannya juga mudah, yakni dengan mengunyah rimpang temu kunci dan arahkan pada luka sariawan, lakukan metode perawatan ini 2-3 kali sehari.

8. Es batu

Pembengkakakn pada bagian dalam mulut yang disebabkan oleh sariawan dapat menimbulkan rasa sakit dan perih yang mengganggu. Oleh sebab itu, obat sariawan di lidah yang dapat Anda gunakan adalah dengan es batu yang berfungsi sebagai kompres alami.

Bungkuslah es batu tersebut dengan kain bersih dan letakkan pada bagian pipi yang terdapat sariawannya. Apabila sariawan berada pada lidah, kulum es batu tersebut dan biarkan mencair dengan sendirinya. Rasa dingin yang diberikan oleh es batu dapat meredakan rasa perih dan sakit akibat sariawan.

Baca juga: obat tipes

Apabila berbagai macam obat sariawan alami di atas sudah Anda coba namun tidak memberikan hasil kesembuhan lebih dari 3 minggu, ada baiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang efektif dan tepat