Obat Tipes

Obat tipes tradisional dari BebasJerawat.info

Jika kita berbicara mengenai obat tipes, maka yang ada pada benak kita adalah banyaknya pil yang harus kita minum, mungkin perlu juga rawat inap, dan lainnya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada berbagai macam cara dan obat tipes tradisional yang dapat kita manfaatkan dari alam untuk mengobati tipes itu sendiri.

Tipes atau yang bisa kita sebut sebagai demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi dari bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Infeksi bakteri ini biasanya terjadi pada usus halus namun kumannya dapat menyebar ke aliran darah kita.

Penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama dengan gejala DBD, sehingga banyak sekali orang yang salah mengartikan kondisi tersebut. Contoh gejala tipes yang terjadi ketika infeksi bakteri sudah menyebar dalam tubuh seperti demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, sakit perut, mual dan muntah, bintik merah, dan diare.

Gejala tipes sendiri biasanya dapat diatasi selama 2-4 minggu yang disertai dengan adanya pengobatan yang tepat. Oleh sebab itu, pemilihan metode pengobatan menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan. Untuk mendukung pengobatan dari dokter, kamu juga dapat menambahkan beberapa obat tipes alami agar tubuh semakin cepat pulih dan sehat kembali. Lantas apa saja obat penyakit tipes alami itu? Simak informasinya di bawah ini.

Obat Tipes Tradisional yang Ampuh dan Alami

Seperti yang kita ketahui bahwa alam sudah menyediakan berbagai macam kebutuhan yang dapat kita manfaatkan untuk menjaga tubuh ini. Banyak sekali bahan alami yang dapat mengobati berbagai macam penyakit, termasuk penyakit tipes. Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh sebagai obat tipes tradisional yang ampuh dan efektif dalam mengatasi penyakit menular ini.

1. Kompres Air Hangat

Cara alami dan mudah dalam mengatasi penyakit tipes adalah dengan melakukan kompres. Hal ini bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh ketika mengalami demam yang disebabkan karena penyakit tipes. Cara melakukannya adalah:

  1. Ambil handuk ataupun lap bersih, setelah itu rendam dalam air hangat dan peras handuk atau lap tersebut hingga air tidak banyak menetes.
  2. Kemudian letakkan handu tersebut di dahi dan gantilah secara rutin (ketika lap sudah dingin).
  3. Kamu juga dapat melakukan kompres pada bagian tubuh lainnya seperti di ketiak, selangkangan, tangan ataupun kaki guna menurunkan suhu tubuh.

Lakukan perawatan ini secara teratur guna menurunkan suhu tubuh. Hindarilah penggunaan air es ketika mengompres, karena dapat memperburuk keadaan tubuh penderita.

2. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Gejala penyakit tipes seperti demam tinggi ataupun diare dapat membuat tubuh kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Oleh sebab itu, meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dapat membantu mengendalikan kondisi tubuh kita. Cairan yang kita konsumsi dapat memungkinkan tubuh untuk menghilangkan racun serta menjaga tetap terhidrasi. Cara melakukannya adalah:

  1. Konsumsi air sebanyak 8-10 gelas setiap harinya.
  2. Kamu juga dapat mengkonsumsi makanan lain seperti jus buah segar, air kelapa, air gula, sup, ataupun teh herbal guna meningkatkan cairan dalam tubuh kita.

Untuk hasil yang baik, sangat disarankan untuk kamu mengkonsumsi air putih yang sudah direbus matang untuk menjamin tingkat kebersihan air tersebut dari kuman. Selain itu, jangan pernah membiarkan tubuh dalam keadaan dehidrasi karena hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih parah.

3. Membuat Oralit atau ORS

Oralit atau ORS (Oral Rehydration Salts) merupakan salah satu cara alternatif yang efektif dalam mengganti cairan tubuh yang hilang karena diare dan ini juga dapat mencegah dehidrasi. Untuk membuat oralit cukup mudah dan kamu dapat melakukannya di dapur dengan cepat. Berikut cara membuatnya:

  1. Ambillah ½ sendok teh garam dan 2 sendok teh gula.
  2. Setelah itu larutkan kedua bahan tersebut ke dalam segelas air.
  3. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman oralit ini secara rutin untuk mengurangi tingkat intensitas demam tifoid dan membantu proses penyembuhan tubuh.

4. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam yang mampu membantu kamu untuk menyingkirkan panas berlebih dan juga menurunkan suhu tubuh. Tidak hanya itu, cuka apel juga bisa mencegah tubuh mengalami kehilangan mineral karena diare. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat tipes penurun panas cukup mudah kok, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Ambillah ½ sendoh teh cuka apel dan sedikit madu, campurlah kedua bahan tersebut di dalam segelas air. Minumlah ramuan ajaib herbal tersebut sebelum makan selama 5-7 hari secara teratur.
  2. Cara kedua adalah dengan mencampurkan air dan cuka apel dengan perbandingan 1:2 (1 air, 2 cuka apel). Kemudian masukkan handuk ataupun lap bersih ke dalam larutan tersebut dan peras. Letakkan handuk tersebut sebagai kompres pada dahi dan ganti secara berkala atau ketika handuk sudah mulai mengering. Lakukan perawatan kesehatan ini hingga demam kamu menghilang ya.

5. Bawang putih

Sama seperti cuka apel, bawang putih adalah salah satu bahan alami yang mampu menjadi obat tipes yang mujarab. Bawang putih sendiri dapat meningkatkan sistem imun tubuh serta membantu menyingkirkan racun dalam tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut cara memanfaatkannya:

  1. Konsumsi 2 siung bawang putih sebelum kamu makan atau ketika perut dalam keadaan kosong.Lakukan cara ini selama beberapa minggu hingga kondisi tubuh membaik.
  2. Kamu juga dapat memanfaatkan cara lain seperti mencampurkan 1/2 sendok teh bawang putih tumbuh dengan secangkir air dan susu. Rebus semua bahan tersebut hingga menjadi 1/4 bagian saja. Setelah itu minum ramuan tersebut 3X sehari untuk hingga kondisi tubuh membaik.

Untuk menghindari efek samping yang dapat merugikan kesehatan, ada baiknya untuk anak-anak dan wanita hamil tidak menggunakan obat tipes tradisional yang satu ini.

6. Lemon

Lemon merupakan disinfektan alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah pada saluran cerna sehingga dapat meredakan demam tifoid ini. Cara menggunakan obat tipes secara alami sebagai berikut:

  1. Campur sedikit madu ke dalam jus atau perasan buah lemon.
  2. Konsumsi ramuan herbal tersebut selama 1 minggu dan pasca pemulihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Baca juga: penyebab mimisan

7. Bunga jambu biji

Banyak kalangan masyarakat yang mengetahui mengenai khasiat daun jambu biji dalam mengobati diare. Namun siapa sangka bahwa bunga daun jambu biji dapat dijadikan obat tipes tradisional. Tidak hanya itu, daun jambu biji juga mempunyai manfaat untuk mengobati batuk dan pilek, mengurangi lendir dan dahak, membatasi aktivitas mirkoba serta mendisinfeksi saluran pernapasan kita. Hal tersebut disebabkan karena begitu banyak sekali kandungan positif dari tanaman ini seperti zat nutrisi, vitamin C dan juga zat besi yang dapat mengatasi tipes dan penyakit lain yang ditimbulkan akibat virus. Berikut cara menggunakannya:

  1. Ambil bunga jambu biji sebutuhnya saja dan haluskan.
  2. Campur dengan segelas susu kambing dan aduk hingga merata.
  3. Minumlah ramuan ajaib alami ini sebelum makan atau ketika perut sedang kosong.
  4. Minumlah secara rutin 3X sehari hingga kondisi tubuh benar-benar membaik.

8. Air kelapa

Obat tipes yang ke-8 adalah air kelapa. Air kelapa sangatlah terkenal sebagai salah satu hasil alam yang memiliki kandungan mineral yang penting untuk tubuh seperti magnesium, lemak, kalsium, sodium, potassium, karbohidrat atau elektrolit yang dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan energi.

Air kelapa juga dapat kita manfaatkan sebagai alternatif yang baik dalam mengobati penyakit tipes kamu yang mana tidak suka mengkonsumsi buah atau kamu juga dapat menggabungkan air kelapa dengan buttermilk. Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara optimal, ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  1. Minum air kelapa sebanyak mungkin ketika kamu terserang penyakit tipes.
  2. Cara kedua adalah dengan menambahkan tumbuhan pisang ke dalam air kelapa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Minumlah campuran ini secara rutin untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sehingga kamu terhindari dari yang namanya dehidrasi.

9. Cengkeh

Cengkeh meruapakan hasil alam yang memiliki sifat anti bakteri yang membuatnya masuk dalam daftar obat tipes. Tidak hanya itu, minyak cengkeh juga dapat membantu mengurangi tingkat intensitas diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Berikut cara membuatnya:

  1. Ambil 5-7 cengkeh dan masukkan ke dalam 1 gelas air.
  2. Rebus hingga menjadi setengah gelas.
  3. Tiriskan dan dinginkan air tersebut, minum larutan herbal tersebut pada siang hari.
  4. Lakukan perawatan kesehatan ini secara teratur selama seminggu penuh.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.