Penyebab Jerawat

penyebab jerawat

Siapa yang dari kita tidak kesal ketika wajahnya ditumbuhi oleh jerawat? Dalam dunia medis, jerawat memiliki nama ilmiah yang disebut dengan acne vulgaris, yaitu sebuah benjolan yang timbul pada kulit karena penyumbatan pori atau adanya peradangan yang terjadi pada kulit dan disertai dengan nanah dan darah. Ada begitu banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat, berikut ini beberapa informasi mengenai faktor utama penyebab munculnya jerawat di wajah yang dapat mengganggu penampilan kita dari BebasJerawat.info.

Kenali Penyebab Jerawat Berikut Ini

penyebab jerawat

1. Penyebab Jerawat Akibat Perubahan Hormonal pada Tubuh

Jerawat dapat muncul dan menyerang siapa saja, tetapi ada penyebab utama jerawat sering dikaitkan dengan perubahan hormon ketika masa pubertas. Oleh sebab itulah, usia remaja merupakan masa yang mana jerawat dapat tumbuh subur pada wajah seseorang. ketika proses perubahan hormon terjadi pada tubuh, secara otomatis akan ada peningkatan pada aktivitas kelenjar penghasil minyak atau sebum yang terletak pada folikel rambut yang ada pada kulit.

Produksi minyak atau sebum yang terjadi pada kulit wajah akan meningkat, dan apabila tergabung dengan kotoran ataupun sel kulit mati, pori-pori kulit akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori dan kadar minyak pada kulit yang terlalu banyak pada permukaan kulit membuat bakteri Propionobacterium Acne atau P. acne akan berkembang lebih cepat. Sedangkan bakteri penyebab jerawat ini juga melepaskan sebuah zat yang dapat mengiritasi kulit yang akibatnya, kulit kita menjadi memerah dan bengkak. Selain itu juga akan menimbulkan nanah di balik kulit bengkak tersebut.

Perubahan hormonal ini juga dapat menyebabkan penebalan pada lapisan dalam folikel rambut yang mana dapat menyumbat pori-pori kulit kita. Penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan karena penebalan folikel rambut tidak akan hilang, walau sudah dibersihkan secara maksimal dengan pembersih apapun.

2. Penyebab Jerawat Karena Faktor Keturunan/Genetikfaktor genetik

Baca juga: Obat sakit maag

Jerawat yang membandel pada kulit kita juga dapat disebabkan karena faktor keturunan atau genentik. Apabila kedua orang tua kita berjerawat, maka ada kemungkinan besar bahwa Anda juga akan mempunyai masalah dengan jerawat. Anda juga dapat membuktikannya dengan mudah kok, coba cek riwayat keluarga Anda. Anda bisa langsung menanyakan kepada kedua orang tua Anda apakah dulu ketika masih remaja atau muda mereka berjerawat atau tidak.

Bila dulunya orang tua Anda memiliki masalah dengan jerawat, maka sangat tidak mengherankan apabila Anda memiliki masalah dengan jerawat karena jerawat juga dapat ditimbulkan dari faktor keturunan.

3. Kurang Tidur

Seseorang yang mempunyai jam tidur yang kurang secara tidak langsung dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kurangnya waktu tidur sendiri dapat meningkatkan sitokin inflamasi yang berakibat meningkatnya kencenderungan terjadinya peradangan pada kulit kita. Selain iut, kurang tidur juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar insulin sehingga memaksa tubuh untuk memproduksi insulin dalam jumlah banyak. Hal ini bisa menyebabkan produksi komedo yang berakibat pada jerawat.

Kurangnya jam tidur dapat hanya memberikan dampak munculnya jerawat saja. Menurut European Heart Journal bahwa seseorang yang mengalami kurang tidur 48% akan berisiko pada penyakit jantung koroner dalam 7 hingga 25 t6ahun dan dalam jangka waktu yang sama dapat menyebabkan serangan stroke sampai meninggal sebesar 15%.

Oleh sebab itulah, sangat diperlukan waktu istirahat yang cukup guna menunjang kesehatan tubuh. Bagi orang dewasa setidaknya perlu waktu tidur selama 8 jam untuk dapat memulihkan kondisi tubuhnya. Proses metabolisme tubuh kita ini bekerja ketika kita tidur yang mana akan memberikan energi ketika kita bangun.

4. Penyebab Jerawat Akibat Siklus Menstruasi dan Masa Kehamilan

Jerawat juga tidak hanya dapat muncul karena masa puber ataupun faktor genetik saja. tetapi jerawat juga dapat muncul karena siklus menstruasi atau masa kehamilan. Siklus menstruasi dan masa kehamilan akan dapat menyebabkan perubahan hormon pada tubuh yang dapat menjadi penbyebab utama dari munculnya jerawat.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

makanan berlemak

Mungkin diantara kita masih banyak yang menganggap bahwa makanan bukanlah faktor penyebab dari jerawat, padahal makanan sendiri dapat menjadi penyebab jerawat dari dalam tubuh termasuk kulit dan juga hormon tubuh.

Kebiasaan orang Indonesia yang suka mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan juga karbohidrat tinggi akan dapat membuat kelenjar penghasil sebum bekerja lebih keras. Beberapa makanan yang dapat memicu jerawat seperti makanan gorengan, makanan cepat saji, makanan yang digoreng, lemak dari sapi, ayam dan kambing, jeroan, keju, susu, dan juga coklat. Jadi, mulailah untuk memilah dan memilih makanan yang sesuai guna menjaga kulit Anda tidak terserang jerawat.

6. Tertekan atau Stres

Stres merupakan masalah yang sangat sering dialami oleh setiap manusia normal yang hidup di dunia ini. Tidak hanya dari kalangan orang tua dan dewasa saja, stres juga dapat menyerang remaja dan anak-anak yang masih sekolah. Stres atau tertekan dapat menyebabkan kelenjar memproduksi hormon karena menerima respon yang buruk.

Kelenjar sendiri dipergunakan oleh tubuh untuk menghasilkan faktor pubertas dan ini juga akan mengalami gangguan karena stres. Nah inilah yang membuat stres menjadi pemicu atau penyebab jerawat.

7. Penggunaan Kosmetik

kosmetik

Pemakaian kosmetik yang berlebih juga dapat menjadi penyebab jerawat. Ada berbagai macam produk kencatikan yang tidak aman karena memiliki campuran bahan kimia berbahaya di dalamnya. Kemudian kulit memberikan respon ketidakcocokan atau reaksi negatif. Bahan-bahan kimia berbahaya untuk kulit inilah yang akan terserap oleh kulit dan kemudian menjadi penyumbat pada kelenjar. Dan akhirnya muncullah sebuah jerawat pada kulit wajah kita.

8. Paparan Udara Yang Kotor

Orang yang kerap atau sering terkena udara yang kotor termasuk dari asap rokok, asap kendaraan dan bahkan limbah udara dari industri juga dapat menjadi penyebab jerawat yang parah. Hal ini juga dipengaruhi dari tingkat produksi minyak yang berlebih sehingga kotoran yang ada pada udara menempel pada kulit dan menyumbat pori-pori kulit kita.

9. Pengaruh Obat

Jerawat juga dapat timbul akibat konsumsi obat yang masuk dari dalam tubuh kita. Misalnya berbagai jenis obat yang memiliki kandungan seperti steroid, prednison, orasone, bromida, iodida dan bahan lain. Obat-obatan yang juga mengandung bahan seperti antikonvulsan seperti lithium dan lithobid juga dapat menyebabkan jerawat pada kulit kita.

Itulah beberapa faktor utama dari penyebab jerawat yang dapat muncul pada kulit wajah kita. Semoga informasi mengenai penyabab jerawat dapat menjadi inspirasi Anda dalam merawat kulit karena mencegah itu lebih mudah daripada mengobati. Ada sedikit tips kecantikan dari BebasJerawat.info mengenai cara efektif mencegah jerawat dibawah iniloh!

Cara Efektif Mencegah Jerawat Secara Alami

Jerawat sendiri merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dikeluhkan semua orang, khususnya mereka para wanita. Karena munculnya jerawat sudah pasti dapat merusak penampilan serta kecantikan kulit kita. Nah, supaya Anda tidak kesal dan benci lagi, Anda dapat melakukan upaya pencegahan untuk timbulnya jerawat yang wajib diketahui dan dilakukan dengan tepat. Pemakaian bahan-bahan alami dalam pencegahan jerawat akan sangat lebih baik daripada menggunakan produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia yang entah kita tidak tahu kandungannya.

Berikut ini cara mencegah jerawat yang efektif dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1. Bersihkan Kulit Wajah Secara Teratur

mencuci wajah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kotoran dan sel kulit mati dapat menjadi penyumbat pori-pori kulit yang menjadi faktor dari penyebab jerawat itu muncul. Oleh sebab itulah, agar kulit kita terhindar dari masalah jerawat, kebersihan kulit wajah merupakan hal penting yang wajib dijaga secara teratur. Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kebersihan kulit wajah:

Bersihkan wajah kamu secara rutin, terutama setelah kamu bepergian dan menggunakan kosmetik.
Jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan.
Gunakan juga masker penutup wajah ketika Anda berkendara atau melakukan pekerjaan di tempat yang banyak kotoran, debu dan juga polusi.

Mungkin langkah-langkah diatas bisa dibilang sepele namun ini sangatlah efektif untuk kamu yang ingin mencegah jerawat muncul di kulit wajah kita.

2. Gunakanlah Produk Kosmetik yang Cocok dengan Kondisi Kulit

Cara mencegah kulit dari penyebab jerawat yang kedua adalah menggunakan produk kosmetik yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan kulit tubuh kita. Pergunakan kosmetik secara sebutuhnya saja dan jangan berlebihan karena dapat memicu jerawat pada kulit wajah kita.

Untuk mengetahui mengenai kosmetik yang cocok dengan kondisi kulit kita, ada baiknya Anda langsung melakukan konsultasi dengan dokter kecantikan dan dokter kulit. Perlu diperhatikan juga apabila penggunaan produk kosmetik dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit wajib untuk segera berhenti menggunakannya.

Selain itu, segera bersihkan sisa-sisa kosmetik pada kulit wajah Anda sehabis menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jerawat karena sisa kosmetik yang dibiarkan pada kulit wajah dapat menyumbat pori-pori kulit kita.

3. Perawatan Kulit dengan Masker Alami

masker alami

Tingkat minyak atau sebum yang berlebih pada kulit wajah dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di wajah kita. mencegah jerawat juga dapat kita lakukan dengan melakukan perawatan kulit wajah seperti menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Buah lemon ataupun jeruk nipis juga dapat dipergunakan sebagai masker perawatan kulit wajah secara alami. Khasiat dari masker alami ialah dapat mengurangi kadar minyak berlebih di wajah kita. Bahan alami lainnya seperti putih telur yang dicampur dengan madu, ataupun lidah buaya sebagai masker wajah juga efektif untuk mencegah jerawat. Bahan-bahan alami tersebut tidak hanya efektif dalam mengatasi jerawat tapi juga dapat memutihkan wajah Anda.

4. Perbanyak Konsumsi Buah-buahan

Di dalam buah-buahan banyak sekali terkandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit tubuh kita. Konsumsi buah-buahan juga dapat membantu kita dalam mencerahkan kulit serta menjaga elastisitas kulit. Beberapa buah yang mungkin dapat menjadi rujukan Anda diantara seperti buah pisang, dan juga semua buah yang memiliki kandungan vitamin C.

5. Rajin Berolahraga dan Perbanyak Minum Air Putih

olahraga lari

Baca juga: Tanaman obat

Olahraga secara teratur dapat membantu kulit Anda tetap sehat dan kencang. Ditambah lagi dengan asupan air putih yang cukup, maka kemungkinan kecil jerawat akan muncul pada permukaan kulit wajah karena kedua cara ini dapat mencegah jerawat tersebut.

Sekian informasi mengenai penyebab jerawat dan tips-tips mencegah jerawat. Tetapi, bila Anda sudah terlanjur memiliki masalah dengan jerawat, Anda dapat segera mengatasinya dengan mengikut langkah-langkah dari cara menghilangkan jerawat yang ampuh dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share pengalaman kalian mengenai dunia perjerawatan di bawah ini ya!

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.