Penyebab Mimisan

penyebab mimisan

Mimisan dapat kita artikan sebagai kondisi yang mana keluarnya darah dari dalam hidung. Kondisi ini biasa terjadi pada anak-anak terutama ketika mereka melakukan upacara ataupun berolahraga di bawah terik sinar matahari langsung. Penyebab mimisan atau mimisan sendiri memang tidak mengancam nyawa seseorang, namun cukup membuat khawatir orang tua dan ketakutan pada anak yang mengalami mimisan tersebut. Mimisan sendiri identik keluar secara spontan, ringan, dan bisa berhenti sendiri, namun ada juga yang susah untuk berhenti dan sering terjadi berulang-ulang.

Mimisan sendiri terbagi menjadi 2 kategori dalam dunia medis. Yang pertama disebut dengan pendarahan anterior atau bisa juga disebut mimisan yang berasal dari bagian hidung depan, dan jenis mimisan kedua adalah pendarahan posterior yang mana mimisan berasal dari bagian belakang hidung kita.

Penyebab Mimisan

Mimisan merupakan hal yang terjadi karena luka yang terdapat pada lapisan hidung dan juga pecahnya pembuluh darah yang ada di dalam hidung kita. Pembuluh darah yang pecah 90% adalah pembuluh darah vena yang memiliki ukuran kecil dan halus yang mana tidak akan menimbulkan pendarahan yang banyak atau masif. Ada beberapa faktor dari penyebab mimisan ini, diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Membuang ingus terlalu keras

Salah satu faktor penyebab mimisan yang pertama adalah kebiasaan membuang ingus terlalu keras. Memang, ketika terkena flu, membuang ingus secara tuntas dianggap hal yang wajar guna melancarkan sistem pernafasan kita. Akan tetapi, hindarilah kebiasaan buruk membuang ingus dengan cara memencet atau menekan hidung yang terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan iritasi yang mana dapat merusak jaringan pembuluh darah dan menyebabkan mimisan.

2. Terlalu dalam ketika mengorek hidung

hayoo ngaku! Siapa diantara kamu yang suka sekali mengorek-ngorek hidung untuk mencari sebongkah emas? Sebetulnya, aktivitas dari mengorek hidung memang tidak salah selama Anda dapat menempatkan diri dan tidak melakukannya di depan publik atau tempat umum. Akan tetapi, terlalu dalam mengorek hidung ternyata juga dapat menyebabkan iritasi dan luka yang mana membuat hidung menjadi lebih rentan mengalami mimisan.

3. Sinusitis atau infeksi sinus

Apa itu sinusitis? Sinusitis adalah gangguan masalah kesehatan yang terjadi dan disebabkan karena meradangnya dinding sinus atau rongga kecil yang terletak pada tulang dahi dan pipi. Jangan pernah menyepelekan hal ini! Apabila darah dari mimisan yang dikeluarkan berawarna gelap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Alasan kenapa langsung melakukan pemeriksaan karena hal ini bisa saja mengindikasikan kondisi yang lebih parah, seperti infeksi berat hingga adanya jaringan tumor.

4. Perubahan suhu udara

Pernah dan tahukah Anda bahwa perubahan kondisi suhu udara ternyata juga dapat menjadi penyebab dari mimisan lho? Yap benar sekali, suhu yang terlalu panas atau juga terlalu dingin ternyata dapat menyebabkan pembuluh darah pada bagian hidung kita pecah. Namun tidak perlu khawatir, hal ini bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius yang dapat mengancam nyawa kita. Kenapa begitu? Karena darah akan segera berhenti apabila tubuh kita sudah dikondisikan pada suhu yang ideal.

5. Efek dari Penggunaan jenis obat–obatan tertentu

Benar adanya bahwa ada beberapa jenis obat yang dapat mengakibatkan mimisan, lantas apa saja obat-obatan tersebut? Contoh obat yang dapat membuat mimisan seperti aspirin, antikoagulan atau juga obat pelega pernafasan secara berlebih. Usahakan untuk selalu menghindari penggunaan obat-obatan tersebut secara berlebih atau dalam jangka yang panjang.

6. Alergi

Ternyata tidak sedikit orang yang mempunyai masalah dengan mimisan karena alergi terhadap polutan ataupun materi penyebab alergi lainnya, seperti asap rokok, asap motor, debu halus, pasir dsbnya. Meski kebanyakan orang tidak terlalu terganggu dengan hal-hal seperti itu, namun bagi mereka yang mempunyai masalah dengan sistem pernafasan yang lebih sensitif, adanya polutan serta alergen di lingukan sekitar dapat memicu alergi hingga meningkatnya risiko terjadinya pendarahan ringan pada alat pernafasan seperti di hidung.

7. Tekanan darah naik yang tidak normal

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus lebih berhati-hati dengan risiko terjadinya mimisan. Hal ini dikarenakan meningkatnya tekanan darah dalm tubuh secara tiba-tiba dapat memicu pecahnya pembuluh darah di beberapa bagian tubuh, misalnya hidung. Apabila Anda mengalami hal serupa, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat untuk Anda.

8. Memiliki gejala dari beberapa penyakit tertentu

Penyebab mimisan yang wajib Anda waspadai adlaah apabila ada gejala munculnya suatu penyakit berbahay seperti kanker darah ataupun leukimia yang kerap membuat hidung mimisan. Mimisan yang disebabkan karena adanya gejala penyakit lain, biasanya akan memiliki rasa sakit pada bagian kepala dan bahkan hingga muntah darah.

Apabila ternyata Anda mengalami masalah itu, maka sangat disarankan dari kami untuk Anda melakukan pemeriksaan diri ke dokter, untuk mengetahui apa penyakit yang Anda alami. Karena mimisan pada umumnya berupa pendarahan ringan atau masif, sedangkan mimisan yang disebabkan oleh gejala penyakit bisa menjadi pendarahan yang parah.

Aku adalah seorang siswa di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) di Banyuwangi dengan jurusan Farmasi. Suka dan akrab dengan dunia kecantikan dan kesehatan dari kecil. Hobi sekali mengkaryakan sesuatu dalam bentuk tulisan dari SMP dan sekarang menjadi penulis artikel di BebasJerawat.info.